Dana | Am_Am | Arga

Laki-laki, 20 tahun

Malang, Indonesia

Terkadang pelajaran itu tidak didapat dari diri sendiri, namun dari pengalaman orang lain, sehingga kita dapat merenung pada diri sendiri untuk menjadi orang dewasa dan punya masa depan yang cerah seperti dirinya yang kita sayang.
::
Start
Ardboy Corporation
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Wednesday 26 February 2014

Analiis Kerajaan Majapahit di Kota Onde Onde



Majapahit adalah suatu kerajaan yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga1500 M dan berpusat di pulau Jawa bagian timur. Kerajaan ini pernah menguasai sebagian besar pulau Jawa, MaduraBali, dan banyak wilayah lain di Nusantara.
Kejayaan Majapahit
Penguasa Majapahit paling utama ialah Hayam Wuruk, yang memerintah dari tahun1350 hingga 1389. Majapahit adalah yang terakhir dan sekaligus yang terbesar di antara kerajaanHindu-Buddha di Nusantara. Didahului oleh kerajaan Sriwijaya, yang beribukotakanPalembang di pulau Sumatra.
Pendiri Majapahit Kertarajasa, anak menantu penguasa Singhasari, juga berpangkalan di Jawa. Sesudah Singhasari mengusir Sriwijaya dari Jawa secara keseluruhan pada tahun 1290, kekuasaan Singhasari yang naik menjadi perhatianKubilai Khan di China dan dia mengirim duta yang menuntut upeti.
Kertanagara, penguasa kerajaan Singhasari, menolak untuk membayar upeti dan Khan memberangkatkan ekspedisi menghukum yang tiba di pantai Jawa tahun 1293. Ketika itu, seorang pemberontak dari Kediri, Jayakatwang, sudah membunuh Kertanagara. Pendiri Majapahit bersekutu dengan orang Mongolia melawan Jayakatwang dan, satu kali Singhasari kerajaan binasa, membalik dan memaksa sekutu Mongolnya untuk menarik kembali secara kalang-kabut.
Gajah Mada, seorang patih dan bupati Majapahit dari 1331 ke 1364, memperluas kekuasaan kekaisaran ke pulau sekitarnya. Beberapa tahun sesudah kematian Gajah Mada, angkatan laut Majapahit menduduki Palembang, menaklukkan daerah terakhir kerajaan Sriwijaya.
Walaupun penguasa Majapahit melebarkan kekuasaan mereka di tanah seberang di seluruh Nusantara dan membinasakan kerajaan-kerajaan tetangga, fokus mereka kelihatannya hanya untuk menguasai dan memonopoli perdagangan komersial antar pulau.
Ketika Majapahit didirikan, pedagang Muslim dan para penyebar agama mulai memasuki Nusantara. Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, tenaga Majapahit berangsur-angsur melemah dan perang suksesi yang mulai dari tahun 1401dan berlangsung selama empat tahun melemahkan Majapahit. Setelah ini Majapahit ternyata tak dapat menguasai Nusantara lagi. Sebuah kerajaan baru yang berdasarkan agama Islam, yaitu Kesultanan Malaka mulai muncul dan menghancurkan hegemoni Majapahit di Nusantara.
Kehancuran Majapahit diperkirakan terjadi pada sekitar tahun 1500-an meskipun di Jawa ada sebuah khronogram atau candrasengkala yang berbunyi seperti ini: sirna hilang kretaning bumi. Sengkala ini konon adalah tahun berakhirnya Majapahit dan harus dibaca sebaga 0041 = 1400 Saka => 1478 Masehi. Arti daripada sengkala ini adalah “sirna hilanglah kemakmuran bumi (Majapahit)”.

Analisis
Dari penalaran diatas banyak sekali konflik yang terjadi karena perebutan kekuasaan. Dari situ terlihat bahwa budaya ingin menguasai sudah muncul sejak kerajaan majapahit. Sampai sekarangpun para pemimpin berebut kekuasaan hanya karena ingin kepuasan. Sebenarnya budaya semacam ini memang wajar karena tentu sudah menjadi hakikat dalam diri manusia. Hanya saja tergantung kegunaannya, untuk yang baik ataukah yang buruk.  Majapahit sendiri terkenal dengan kerajaan hindu yang pada saat itu menguasai hampir seluruh nusantara.
Dan banyak pengaruh dari lingkungan luar yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Majapahit, salah satunya serangan demak ke Kediri (tempat kerajaan majapahit terakhir). Yang saat itu demak sambil menyebarkan agama islam. Sehingga menyebabkan banyak tentara majapahit yang melarikan diri ke bali. Dan pada saat itu di Bali masih kuat dengan kerajaan Klungkung yang rajanya masih keturunan dari salah satu raja kerajaan majapahit. Dari situlah dapat dilihat bahwa saat islam memasuki majapahit, maka akan terjadi perpaduan antara budaya jawa dengan timur. Yang sampai saat ini kental adalah tradisi tahlilan atau mendoaakan para leluhur dengan menggunakan sesajen atau sesaji agar yang mendoakan juga dikabulkan permintaannnya. Budaya seperti itulah yang menjadi bahasan saya saat ini.
Dimulai dari penyembahan berhala yang berasal dari agama hindu dengan membawa sesaji. Dan agama islam yang masuk dengan menyuruh masyarakat jawa meninggalkan berhala tetapi masih diperbolehkan menggunakan sesaji hanya untuk menghormati yang maha kuasa. Tetapi sekarang pengertian itu sudah salah penggunaanya. Sekarang menggunakan sesaji agar permintaannya dikabulkan bukannya menggunakan sesaji untuk menghormati yang kuasa. Budaya itulah yang sampai sekarang kental di jawa. Tetapi Perpaduan budaya jawa dan timur ada sisi manfaatnya juga. Seperti wayang yang dalam kisahnya menceritakan nabi-nabi untuk menarik masyarakat majapahit ke islam.
Budaya timur yang dibawa ke jawa juga merupakan perpaduan budaya timur dengan china yang pada saat itu budaya timur dibawa melalui perdagangan china melalui jalur darat, sehingga bisa dibilang perpaduan budaya timur, china dan jawa. Seperti bangunan rumah jaman dulu yaitu mempunyai ruang tamu yang luas dengan pintu double yaitu ciri khas budaya timur. Lalu atap lancip ke atas yaitu budaya china. Sedangkan dari jawa sendiri tiang teras yang selalu menjadi ciri khas. Di situ dapat dikatakan bahwa budaya yang ada pasti akan mampu bersatu dengan baik apabila membawa nilai positif. Karena budaya dibawa dengan tujuan tertentu. Dan tidak semena-mena dibawa seiring perkembangan zaman. Karena seiring perkembangan zaman akan ada budaya yang tidak sesuai dengan zaman saat itu.
Jadi kesimpulannya setiap budaya pasti ada dampak negative dan positifnya. Lalu perpaduan yang terjadi juga tidak boleh semena-mena di terima begitu saja. Harus tahu tujuannya untuk apa dan manfaatnya apa. Dari situlah akan tahu nilai-nilai budaya itu sendiri dan juga hakikat budaya itu sendiri. 

0 comments: